Cara Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut | Java Netbeans - Rembang Programming
News Update
Loading...

Wednesday 6 February 2019

Cara Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut | Java Netbeans

Betemu kembali dengan saya dengan tutorial java netbeans, pada artikel kali ini kita akan sedikit belajar bagaimana cara kita membuat class, object, serta cara memanggil atribut pada java netbeans. Studi kasus kali ini kita coba menerapkannya project java netbeans kita. Pada project tersebut nantinya kita  buat package dan class, dan kita coba memanggil atribut yang ada pada class tersebut. pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang. 

cara membuat sebuah project pada netbbeans project, dan terdapat juga cara membuat sebuah class dan package dalam java netbeans.


belajar netbeans project membuat class atribut dan memanggil atribut

Mari kita simak bersama. Cara Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut | Java Netbeans, saya menggunakan beberapa studi kasus guna memudahkan penjelasannya.

Pembahasan kali ini kita akan membuat sebauh class, object, dan package tertentu, bagi yang ingin mengetahui cara pembuatan class dan package pada java netbeans bisa lihat postingan sebelumnya.

Studi kasus yang kita gunakan sebagai berikut :

  • Buat project baru dengan nama (Ex: latihan2) atau sesuai keinginan temen-temen. dan package (Ex: praktek2), 
  • Buat sebuah class (Ex: Mobil).
  • Buat sebuah class (Ex: MobilBeraksi).

Cara penerapannya kita akan membuat sebuah project, yang di dalam project tersebut terdapat sebuah package yang menampung class-class yang kita buat. Berikut ini gambaran struktur komponen yang kita buat dalam netbeans project.


cara membuat class object atribut java netbeans

Dalam gambar di atas menjelaskan bahwa telah terbuat sebuah project dengan nama latihan2 yang memiliki package praktek2, dan di dalam package terdapat dua class yaitu class Mobil, dan class MobilBeraks sebai contoh class yang akan kita panggil nantinya.

Untuk kita dapat memberikan code dari masing-masing class kita dapat melakukan klik dua kali pada class yang ingin kita berikan code.

Membuat Variabel Java Netbeans

Untuk kode dari masing-masing class bisi kita lihat sebagi berikut.

  • Dalam class Mobil bisa kita buat code seperti berikut.
  • public class Mobil {
        String warna;
        int tahunProduksi;
    }

    Pada pengkodean di atas dalam class Mobil kita membuat sebuah variabel warna dan tahunProduksi beserta tipe variabelnya. pembuatan suatu variabel digunakan sebagai penampung nilai-nilai yang kita buat nantinya.

    Memanggil Atribut Java Netbeans

  • Dalam class MobilBeraksi kita dapat berikan code seperti berikut.
  • public class MobilBeraksi {
        public static void main(String[] args){
            // Membuat object
    
               Mobil mobilku = new Mobil();
            /* memanggil atribut dan memberi nilai */
                    mobilku.warna = "Kuning";
                    mobilku.tahunProduksi = 2016;
            System.out.println("Warna: " + mobilku.warna);
            System.out.println("Tahun: " + mobilku.tahunProduksi);
        }
    }

    Cara Menjalankan Class Java Netbeans

    Untuk menjalankan klik kanan class, pilih Run File (Shift + F6). Perlu kita ingat dalam menjalankan suatu class kita hanya dapat menjalankan class yang memiliki contains main class. terdapat (public static void main) dalam class tersebut. Berikut tampilan outputnya jika tidak ada masalah:


    Cara Membuat Class java, Cara Buat Object java, cara memanggil Atribut java

    Baca juga : Cara membuat messageBox pada java netbeans

    Nah dalam tampilan output di atas menampilkan atribut yang kita panggil dan didefinisikan dalam class MobilBeraksi, dalam konsep ini dapat kita pahami bahwa sebuah class dapat kita panggil sesuai kebutuhan kita, dan kita dapat membuat sebuah class tertentu sesuai kebutuhan pula. postingan ini dapat mempresentasikan penggunaan sebuah Class, Object dan Memanggil Atribut | Java Netbeans.

    Demikian tadi ulasan tutorial kali ini, kita telah membahas bagaimana pembuatan sebuah class dalam java dan kita telah mencoba memanggil atribut dalam class tersebut.

    Baca juga : Pengertian dan pengenalan java netbeans

    Semoga dapat bermanfaat buat temen-temen. Terimakasih untuk kunjungannya, jangan lupa bagikan atau tinggalkan komentar di bawah postingan untuk kemajuan artikel di blog ini.

    Share with your friends

    Give us your opinion
    Notification
    This is just an example, you can fill it later with your own note.
    Done