Menghitung Segitiga Menggunakan Java Netbeans | Penerapan Class, Object dan Memanggil Atribut - Rembang Programming
News Update
Loading...

Wednesday 6 February 2019

Menghitung Segitiga Menggunakan Java Netbeans | Penerapan Class, Object dan Memanggil Atribut

Artikel ini membahas tentang penerapan java pada netbeans project, siapa tau ada temen-temen sedang mencari penerapan sederhana dalam mempelajari java menggunakan netbeans. Dalam pembelajaran java netbeans, kali ini kita akan mencoba perhitungan menggunakan rumus segitiga, temen-temen akan menerapkan fungsi class, objek, dan adanya pemanggilan atribut yang telah kita buat. pada postingan sebelumya kita telah memahami cara membuat sebuah class, package dan pemangilan atribut dalam suatu class.


belajar java netbeans project, cara menghitung segitiga java netbeans

Untuk kali ini kita akan membahas tentang Menghitung Segitiga Menggunakan Java Netbeans | Penerapan Class, Object dan Memanggil Atribut, langsung saja di sini saya seperti postingan sebelumnya menggunakan studi kasus sebagai berikut :

  • Buatlah Project baru  (Ex: latihan3) dan buatlah package (Ex: praktek1)
  • Buat class Segitiga, masukkan dalam package praktek1
  • Class Segitiga memiliki method (Ex: hitungLuas) yang melakukan perhitungan Luas Segitiga dengan rumus “0.5 * alas * tinggi”.
  • Class Segitiga memiliki variable seperti berikut: (luas bertipe Doublealas bertipe inttinggi bertipe int)

Buat class (Ex: SegitigaBeraksi), berikan nilai pada variable “alas dan tinggi” serta panggil method hitungLuas” dalam class tersebut sehingga menampilkan hasil seperti berikut:



Komponen Pada Java Netbeans

Dalam memulai praktikum kali ini kurang lebih komponen yang telah kita buat seperti berikut:



Untuk temen-temen yang belum mengetahui cara pembuatannya bisa kunjungi Cara Buat Project, Package, dan Class Java Netbeans, pada gambar di atas kita telah melihat komponen yang terbentuk dalam project java kita.

Terdapat project latihan3 yang di dalamnya terdapat package praktek1, dan class Segitiga dan SegitigaBeraksi yang terdapat pada package praktek1.

Nah dalam penerapannya, pada masing-masing clas tersebut terdapat pengkodean java sebagai syntak pemrograman java. berikut ini adalah code dari masing-masing class yang telah kita buat. tampilkan editor code dengan klik dua kali pada class tersebut.

Membuat Class Dan Method

public class Segitiga {

    //membuat variabel
    Double luas;
    int alas,tinggi;

    //method hitung luas
    void hitungLuas(){
        luas=0.5*alas*tinggi;
        System.out.println("Alas            :"+ alas);
        System.out.println("Tinggi          :"+ tinggi);
       System.out.println("Luas Segitiga   :"+ luas);
    }
}

Pada kode di atas menjelaskan bahwa dalam sebuah class Segitiga terdapat pembuatan variabel luas,alas dan tinggi sebagi penampung dari sebuah nilai. terdapat pula sebuah method HitungLuas yang berguna sebagai aksi yang diberikan ketika class tersebut di jalankan.

Ketika class dijalankan akan menghitung luas dengan kriteria hitungan seperti di atas, dan menampilkan keterangan alas, tinggi, dan Luas Segitiga. Pada class ini terdapat pemanggilan variabel yang terdapat pada class SegitigaBeraksi.

Memanggil Method Pada Java Netbeans

Berikut code yang terdapat pada class SegitigaBeraksi:

//memberi nilai variabel
public class SegitigaBeraksi {
    public static void main(String[] args) {

        Segitiga Segitigaku= new Segitiga();
        Segitigaku.alas=5;
        Segitigaku.tinggi=10;

        //pemanggilan method hitungLuas
        Segitigaku.hitungLuas();
    }
}

Pada code di atas terdapat pemberian nilai pada suatu variabel. terdapat juga method hitungLuas (Segitigaku.hitungLuas(); ). karena class SegitigaBeraksi yang memiliki method perhitungan dan yang memiliki pubblic class void main, maka class inilah yang dapat kita jalankan.

Sampai di sini dulu untuk artikel seputar java netbeans tentang Menghitung Segitiga Menggunakan Java Netbeans | Penerapan Class, Object dan Memanggil Atribut, semoga dapat bermanfaat dan membantu buat temen-temen. 

Terimakasih untuk kunjungannya, jangan lupa bagikan atau tinggalkan komentar di bawah postingan untuk kemajuan artikel di blog ini.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done