Query Dalam Sql Server | Yuuk Mengenal Query Dasar dalam Sql Server - Rembang Programming
News Update
Loading...

Wednesday 26 April 2017

Query Dalam Sql Server | Yuuk Mengenal Query Dasar dalam Sql Server

Query SQL adalah sebuah bahasa yang digunakan dalam pengolahan basis data, basis data merupakan media penyimpanan data yang sering kita sebut database, dalam manajemen basis data relasional/database relasional pada dasarnya sangat erat hubungannya dengan SQL.

SQL menawarkan kemampuan dalam manajemen database relasional. Dengan SQL kita dapat melakukan query manipulasi data dan juga pendefinisian suatu data dalam database.

Begitu pula mengenai Query SQL yang menjadi standard dalam penulisan/pendefinisian bahasa yang dapat memudahkan dalam manajemen basis data relasional.

Pada dasarnya Query Database Relasional seperti MySQL, Ms SQL Server, Ms Access, Postgre SQL, Orecle, dll, kurang lebih memiliki karakter query yang sama, karena jenis databese tersebut sama-sama model database relasional.

Mungkin berbeda dengan databse no sql yang tidak menerapkan data relasional karena dilihat dari skala data yang besar akan menjadikan fungsi relasional akan mempersulit pengelolaan datanya.

Sekarang mengenai Ms SQL Server, ada baiknya mari kita coba memahami terlebih dahulu Ms SQL Server yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Pengertian Ms SQL Server

SQL (Structured Query Language).

Ms SQL Server adalah Sistem Manajemen Database Relasional yang sering kita sebut (RDBMS), Ms SQL Server dirancang untuk penyimpanan basis data dengan penerapan arsitektur Client Server.

Istilah Client Server dapat digunakan untuk merujuk pada konsep yang sangat umum atau hal yang lebih spesifik dari perangkat keras atau perangkat lunak pada level yang sangat umum.

Client adalah setiap komponen dari sebuah sistem yang meminta layanan atau sumber daya (resource) dari komponen sistem lainnya.

Server adalah setiap komponen sistem yang menyediakan layanan atau sumber daya ke komponen sistem lainnya.

Sekarang mengenai RDBMS.

RDBMS(Relational Database Management System).

  • RDBMS adalah dasar untuk SQL, dan pada saat ini sudah diterapkan untuk semua Sistem Database seperti Ms SQL Server, Oracle, MySQL, dan Ms Access seperti yang telah di sampaikan tadi.
  • Data dalam RDBMS disimpan dalam Objek Database yang disebut tabel.
  • Tabel adalah kumpulan data entri yang saling terkait dan terdiri dari kolom dan baris.

Kemudian apa sih kegunaan dan fungsi SQL dalam Ms SQL Server yang juga berhubungan erat dalam perananan SQL, berikut ini adalah penjelasan tentang apa peranan SQL dalam Ms SQL Server secara garis besar seperti yang sudah saya singgung sekilas tadi.

Kegunaan Dan Fungsi SQL

  • Sql memungkinkan anda mengakses dan memanipulasi database.
  • Sql dapat mengeksekusi query terhadap database
  • Sql dapat mengambil data dari database
  • Sql dapat menyisipkan catatan dalam database
  • Sql dapat memperbarui catatan dalam database
  • Sql dapat menghapus catatan dari database
  • Sql dapat membuat database baru
  • Sql dapat membuat tabel baru dalam database
  • Sql dapat membuat prosedur yang tersimpan dalam database
  • Sql dapat membuat pemandangan dalam database
  • Sql dapat mengatur hak akses pada tabel dan prosedur.

Dalam penjelasan di atas, jadi tergambar peranan ms sql server.

Mungkin itu tadi dapat mengawali artikel ini dalam mengenal bagaimana fungsi SQL dalam manajemen basis data relasional.

Sesuai dengan judul artikel ini  mengenai Query dasar dalam Ms SQL Server, kali ini saya akan mencoba mengenalkan beberapa Query dasar pada Ms SQL Server.

Saya akan mencoba meringkas apa saja Query dasar dalam Ms SQL Server, untuk dapat mengetahui Query Ms SQL Server sebagai dasar dalam mengenal Database Ms SQL Server lebih lanjut.

Berikut ini adalah dasar-dasar/Struktur Query dalam memulai Ms SQL Server semoga dapat membantu teman-teman dalam belajar Ms SQL Server


query sql server, perintah sql server, struktur dasar sql server

Query Dasar Dalam Ms SQL Server merupakan Query yang menjembatani terbentuknya sebuah Database SQL Server dan cara kita menerapkan manipulasi data pada database SQL Server.

Query Dasar Ms SQL Server

Membuat Database, Dalam pembuatan project baru atau dalam kita membuat database sql server, terdapat penggunaan query create, dan diikuti dengan penamaan database yang akan kita buat.

Create Database nama_database;

Mengaktifkan Database, Dalam mekanisme pembuatan database setelah kita buat database, kita harus masuk dalam lingkup database yang kita buat tadi supaya kita dapat manipulasi database sesuai kebutuhan. perintah yang digunakan adalah USE.

Use nama_database;

Menghapus Database dari Server, database yang kita buat juga dapat kita hapus sebagaimana mestinya jika di perlukan, kalau kita sering istilah menghapus menggunakan delete, dalam query Sql menggunakan drop.

Drop Database nama_database;

Mengubah Nama Field, Terkadang dalam penamaan field mungkin saja terjadi kesalahan/sengaja mengubah nama field sesuai kebutuhan dalam pengembangan database yang telah berjalan, dalam kasus ini penggunaan Alter sering di gunakan.

Alter Table nama_table change nama_field_lama nama_field_baru type_data;

Mengubah NamaTabel, merupakan perintah modify table yang berkaitan dengan pengubahan nama table berdasarkan nama tabel yang sebelumnya telah dibuat.

Alter Table nama_tabel Modify nama_field type_data_baru;

Penambahan Field, Di Sql Server selain bisa untuk membuat database, membuat table, mengisi data pada table ternyata juga bisa untuk menambahkan field pada table yang sudah pernah kita buat sebelumnya.

Alter Table nama_table Add nama_field type_data_baru;

Penghapusan Field, Selain kita dapat menambah field kita juga bisa menghapus sebuah field tertentu.

Alter Table nama_table Drop column nama_field;

Mengganti Nama Tabel, merupakan cara untuk rename sebuah/lebih tabel.

Alter Table nama_tabel_lama rename nama_table_baru;

Menghapus Tabel, untuk menghapus sebuah tabel tertentu.

Drop Table nama_table;

Memasukkan Data, menjalankanquery insert untuk menambahkan data kedalam sebuah atribut-atribut dalam tabel.

Insert Into nama_table values (isi_field_...field2_n...);

Menampilkan Data, menampilkan/view data tertentu dalam field yang ingin diketahui sebagai informasi.

Select (fields) From (nama_tabel);

Mengubah Data, melakukan manipulasi data dengan mengubah isi data menggunakan query update.

Update nama_table set nama_fields_isi baru_where kriteria;

Baca Juga : Cara Membuat Tabel Sql Server dan Penerapan Query View

Demikian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi temen-temen dalam belajar SQL Server, mungkin Query di atas belum seluruhnya mewakili Query pada Ms SQL Server, semoga artikel ini bisa saya update kembali di lain waktu.

Terimakasih untuk kunjungannya, jangan lupa bagikan atau tinggalkan komentar di bawah postingan untuk kemajuan artikel di blog ini.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done