Cara Membuat MessageBox pada Java Netbeans | Penerapan button alert - Rembang Programming
News Update
Loading...

Wednesday 6 February 2019

Cara Membuat MessageBox pada Java Netbeans | Penerapan button alert

Bertemu lagi dengan saya pada  tutorial java netbeans, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang bagaimana kita Membuat MessageBox pada Java Netbeans, terdapat penggunaan button dan jika button kita click akan menampilkan sebuah dialog tertentu. 

Pada tutorial Membuat jbutton, jdialog pada Java Netbeans | button alert ini merupakan dasar pembuat GUI pada java netbeans yang mendasari pembuatan interface yang lebih luas lagi, silahkan bisa kita lihat pada pahasan berikut:


kotak dialog java netbeans, peringatan java, alert java

Membuat MessageBox Java Netbeans

Pada kesematan sebelumnya kita telah membahas mengenai apa sih itu Gui, dan apa saja statement pendukung GUI tersebut, Java GUI (Graphical User Interface) Statement IF Java Netbeans. pada kesempatan ini kita akan mencoba bagaimana kita membuat button alert pada suatu GUI. 

Dalam Penerapannya di sini kita akan membuat project baru, Misal dengan nama “latihanku” dan package “latihanku2”. Setelah project dan package terbuat silahkan temen-temen bisa membuat sebuah jFrameForm di dalam package “latihanku2” dan berikan nama “FormButtonDialog”.

jFrameForm merupakan interface kerja yang sering kita sebut sebagai Form.  Kemudian temen-temen bisa membuat jButton dengan nama terserah temen-temen, sesuai bahasan di atas rencananya kita akan memberikan aksi, jika button di clik akan menampilkan sebuah dialog atau alert.

berikut ini merupakan langkah-langkah kita dalam membuat button alert, pada tahap awal pastikan kita telah membuat sebuat project java netbeans, beserta membuat sebuat package, bagi yang belum mengetahui cara membuatnya temen-temen bisa melihatnya, Klik Disini

Setelah Project terbuat kta dapat membuat GUI paling sederhana yang terdapat komponen jButton di dalamnya. Silahkan temen-temen bisa membuat jFrameForm dengan click kanan project, new, pilih JFrameForm,  seperti gambar berikut.


Form java, New jFrameFrom java

Setelah itu kita bisa membuat interface sederhana yang menampilkan jbutton, kurang lebih bisa kita  seperti berikut.


jButton MessageBox

Pada Interface di atas terdapat GUI sederhana yang di dalamnya terdapat jButton dengan misal nama "Hallo". 

Pembuatan jButton bisa kita lihat swing controls, dan kita pilih button. swing kontrols merupakan menu Palette yang berisi Swing dan komponen-komponen yang digunakan sebagai controls sistem seperti button, checkbox, radio button, dan lain-lain. 

Terdapat juga Swing Containers yang mendukung tampilan interface sebuah form, beberapa komponen pada Pallete tersebutq merupan komponen-komponen penting yang di dalamnya bisa untuk membangun sebuah aplikasi menggunakan platform Netbeans. komponen yang terdapat pada swing controls dan swing containers kurang lebih seperti di gambar berikut.


Swing Containers dan Swing Controls

Sesuai rencana kita tadi kita akan menggunakan jbutton/button sebagai controls dan menampilkan alert, Caranya bisa kita drop ke dalam form, untuk mengganti nama/title yang tampil pada button kita bisa click kanan pada button, edit text.

Untuk Mengganti Title Button

Klik kanan jButton, Edit Text. Tuliskan misalkan kita beri title dengan title “Hallo”

Untuk Memberi Nama Button 

Klik kanan jButton, Change Variable name. Tuliskan misalkan kita beri nama “btnHalo”. penamaan tersebut digunakan sebagai identitas dari sebuah button, layaknya nama seseorang yang nantinya dapar kita panggil.

Perlu kita Ingat bahwa Edit Text digunakan untuk tampilan teks yang nampak. Sedangkan Change Variable Name untuk mengubah nama variabel dari kontrol yang nantinya akan digunakan dalam syntax Java.

kita akan membuat sebuah Button Alert. logikanya jika kita klik button yang telah kita beri message dialog, akan tampil jendela dialog tertentu. Pengggunaan Alert ini biasanya dapat kita pakai sebagai event handling dalam suatu program. Misalnya kita memberi Message Dialog ketika sebuah Pengguna/User menekan Button Logout, Akan Tampil Message Dialog misal "Apakah Anda Yakin Akan Keluar Aplikasi?". kurang lebih seperti itu gambarannya.

Pada Interface yang tadi telah kita buat kita dapat menambahkan Alert/Message Dialog dengan cara seperti berikut. 

Klik 2x btnHalo dan tuliskan kode berikut.

JOptionPane.showMessageDialog(this,"Haloo Duniaku, 
sekian pembelajaran java kali ini,");

Untuk menjalankan klik kanan class, pilih Run File (Shift + F6). Berikut tampilan outputnya.


Cara Membuat Messsage Dialog Java Netbeans

Konstruktor Pada Kelas JOptionPane

Konstruktor merupakan salah satu hal penting dalam pemrograman java. Konstruktor adalah sebuah blok kode yang mirip dengan method yang dipanggil, saat instance sebuah objek dibuat. 

Konstruktor berfungsi sebagai jenis method yang khusus digunakan untuk menginisialisasi atau memberikan nilai awal terhadap sebuah objek. Terdapat 3 model konstruktor kelas JOptionPane yang umum digunakan pada pemrograman java.

1. Konstruktor JOptionPane ( ), Berfungsi untuk membuat sebuah JOptionPane untuk menguji            tampilan pesan

2. Konstruktor JOptionPane (Object message), Berfungsi untuk membuat sebuah nilai awal dari        JOptionPane untuk menampilkan sebuah pesan

3. Konstruktor JOptionPane (Object message, int messageType), Berfungsi untuk membuat    sebuah nilai awal dari JOptionPane untuk menampilkan jenis pesan yang lebih spesifik dengan pengaturan standar (default)

Silahkan bisa temen-temen Eksplore sendiri untuk penggunaannya, kurang lebih penggunaannya seperti contoh di atas. Nah jadi demikian tadi cara kita Membuat MessageBox pada Java Netbeans menggunakan JoptionPane, semoga bermanfaat bagi temen-temen dan juga bagi saya dalam proses belajar.

Baca juga : Statement if dan switch java netbeans

Semoga dapat bermanfaat dan membantu buat temen-temen. 

Terimakasih untuk kunjungannya, jangan lupa bagikan atau tinggalkan komentar di bawah postingan untuk kemajuan artikel di blog ini.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done